AZ-ZIMMAT DALAM SURAT AL-MUZZAMMIL
Rabu, 30 Desember 2009
A. Sholat Lail
Manfa’at Shalat Lail menurut Ustadz Abdul Said adalah: kita melaksanakan sholat lail yang baik mengahap Allah SWT.artiya bahwa, kiat diterimah secara khusus. Kita dapat dialok dengan enak,mengajuakan proposal kita kepada Allah SWT. Problem yang tenag kita hadap ini. Seolah-olah kita dialok dengan Allah. Dengan khusu do’a kita kepadanya makah subahanallah. Sehinga segalah urusan kiat dapat terselasaikan atas bantuan Allah SWT.
Keutamaan Shalat Lail adalah sering dijelaaskan oleh Ustadz Abdul Sahid dengan mengutik ayat-ayat Al- Qur’an dalam suart AS-Sajadah : 16 bahwa “Orang-orang melaksanakan Shalat Lail. Makah Allah menjanjikan diakhirat nanti Allah akan memberikan Cendramata yang saangat menarik”. Inilah hadia yang sangat istimewa kepada hambanya yang melaksankan perintah Alllah SWT 2
Korelasi antara penjelasan diatas adalah sangat keterkaitan bahwahsanya dengan melaksanakan sholat lail akan menamba kekuatan didalasm diri kita .dan dengan menegakan sholat lail ini akan dapat menyelesaikan problematika yang kita hadapi sekarang. Apalagi kita melaksanakan sholat lail tidak dengan keterpaksan dalam diri kita.maka dengan proposal yang kita ajukan pada mal;am hari akan dijawab oleh AllahSWT.
Kesimpulanya adalah kehidupan kita ini akan dapat “Qaulan sakilah” makah dengan totalitas kita beribadah semata mata kepada Allah SWT. Maka kita mendapatkan apa yang dijanjikan oleh Allah “Qaulan sakilah” sehinga dalam perkatan kita, perbuatan kita, akan sesuai dengan amalan kita sehari-hari.
B. Membaca AL-Qur’an
AL.Qur’an dapat menjadi pedoman dan tuntunan hidup bagi kita,dan seluruh Ummat manusia dan AL-Qur’an mutlak harus diakrabih.dan kiat menyadari dan manfaat kandungan AL.Qur’an niscayah akan lebih tertarik dihadapan AL-Qur’an dibandingkan anda berada didepan internet atau elektronik yang lainnya selama bejam-jam. Kenapa.? Ketertarikan Orang-orang berada didepan sumber informasih.
Karena sangat bedah dengan informasi yang disiarkan oleh manusia ; terutama berita yang dilansir oleh Orang-orang yahudi yang sekarang telah menguasai seluruh media informas, baik mediada maasa maupun elektronik yang lebih banyak bohongnya daripada jujurnnya. Karena bukan yahudi namanya kalau tidak memutar balikkan informasi yang baik fakta maupun opini untuk kepentinganya
Dan kata teknologi apaun juga yang dikembangkan manusia hingga hari kiamat, AL-Qur’an menceritakan tentang keadan massa lalu dan sekaarang, dan juga tentang cirri-ciri manusia yang telah keliharan dan beraksi sejarah tentang tanda-tanda Orang–orang beriman dan Orang-
orang munafik.kandungan hati Orang-orang Yahudi dan Nasrani semua apa yang disuarakan dan apa yang terdapat didalam lekuk renung kalbunya yang paling dalam di ungkap semua. Demikianlah apa yang belum perna terjadi seperti Surga dan Neraka, begitu gamblang di uraikan kondisi dan keberadannya
Membaca AL-Qur’an memiliki daya pesona dan daya pikat terhadap AL-Qur’an dikala membacanya, kemudian ditiru oleh sahabat-sahat yang mempunyai kelebiahan suara yang indah seperti Ibnu Mas’ud yang sering di suru oleh Nabi membaca aya-ayat AL-Qur’an yang lagunya sangat merdu
C. Dzikir
Dengan banyak berdzikir kepada Allah SWT, dan maknah berdzikir kepadanya berarti kita akan banyak menghayati keberadaan makhluk Allah yang ada di muka bumi ini. Mereka semakin tumbu penghambaan diri kita kepada Allah dan semakin bangkit jiwa kehalifahannya sebagai wali Allah di muka bumi ini. Dzikir akan menghilangkan kemunafikan. AL-Imam Ibnul Qayyim mengatakan bahwa banyak-banyak berdzikir kepada Alllah SWT akan dapat menghhilangkan kemunafikan dan kebohongan .
Ciri-ciri orang munafik ada tigayang dijelaskan didalam hadit’s Rasul. Yang artinya.apabilah berjanji ia tidak memnepati janjinya, dan apabilh ia bekata ia mendustkannya”. Dengan demikian Orang-orang seperti ini akan sering sekal berdzikir kepada Allah SWT.
Didalam AL-Qur’an Allah SWT berfirman surat (ke 4: 142) yang artinya “ mereka Orang-orang munafik tidak berdzikir kepada Allah SWT, kecuaki sedikit” inilah sifat Orang-orang munafik. Sangat sedikit sekali dzikir kepada Allah SWT. Dengan bedzikir kepadaAllah SWT. Akan menghilangkan sifat-sifat yang melenceng tentang penhambaan kita kepada Allah. Sehinga pantas kemunafikan itu bagi Orang-orang yang lalai kepada Allah SWT.
3 hikmah dzikir berjamah muhamad arfin ilham(penerbit republik)jl. Waru37 jakarta 2003 http://www.hidayatullah.or id /indesx.php?option=com content dan view=artckle & id surat al-mmuzamil-wahyu ketiga &catid=107 sejara manhaj snw
Ustad Abdul Sahid perna didatangi untuk minta di nasehat kepada beliau, sedang guna gulana dan gelisa,terutama perempuan. Sebagaimana Orang-orang yang telah memeriksa penyakitnya kepad dokter, biasanya menyampaikan bahwa: saya erring memeriksa ke penyakit saya kedokter tetapi, kenyatanya dan hasilnya Nihil. Diapun menyapaikan kepada Ustad Abdul Sahid ,”saya telah memeriksa
beberapa dokter Ustad, tetapi semua hasil diagnosis media selalu berkesimplan tidak ada penyakit”. Kemudian Ustad,menyanakan, keadana rumah tangganya, keluarganya, dan kondisi ekonominya . anda kembali rumah nati, berwudhulah dengan tenang lalu Shalat dua rakat. Sesuda itu jagan lupa bedzikir kapada Allah SWT. Dengan berdzikir itu, akan menyatukan diri kita kepada Allah SWT.
Lewat dzikir itu akan akan dating kesadaran ahwah : Allah SWT yang Maha hebat,Maha kuasa, Maha penyayan ,Maha bijaksana. Maha penyembuh segalah penyakit yang ada didalam tubuh kita. Di situ akan merasakan rasa otomis,rasa percaya diri,sehinga pelan-pelan dengan sendirinya penyakit itu kan yang hilang.
Didalam AL-Qur’an surat Ar-Ra’d: 28,” ingatlah hanya denagn meningat Allah hati akan menjadi tenang”. Artiya bahwa dzikir itu terkmasuk pekerjan utama, tidak boleh dispelekan. Dengan demikian, korelalisi atara penjelasan AL-Imam Ibnul Qayyim, dan Ustad Abdul Sahid, dan dikaitan dengan AL-Qur’an adalah sanggat keterkaitan sekali, bahwa sanya berdzikir kepaada Allah akan mendapat ketenangan didalam diri kita.
Dengan berdzikir kepada Allah SWT, akan mengilangkan kemunafikan., kemalasan, ketidak taatan kepada pemimpin, tidak bijasan dalam menyesaikan suatu permasalahan yang kita hadapi sekarang. Seadainaya kita sudah, memperkutakan dzikir kita kepada Allah SWT, akan menhadapi kehidupan ini dengan bahagi. Inila kekuatan zdikir kita kepada Allah.SWT.
Dengan demikiaan saya mengambil kesimpulan bahwa : kekuatan zdikir kita kepada Allah SWT. Kehidupan yang kita jalani ini akan mendapatkan ketenagan yang akan membawah kita kedalam surganya Allha SWT waalupun membutukan waktu yang sangat panjang untuk merubah krakter kita yang duluhnya malas bedzikir kapada AllahSWT. Sehinga kita melihat di samping kita, kerabat kita, yang selalu berdzikir kepada Allah sangat bahagi mengadapi kehidupan di dunia ini.
D. Tawakkal (Optimis )
Ketika dilempar ke api yang berkobar, Nabi Ibrahim berucap: "hasbunallah wa ni'malwakil". Ketika orang-orang menganjurkan Nabi Muhammad SAW menyerah karena kaumnya mengumpulkan segala kekuatan untuk menghentikannya, beliau bertambah keimanannya dan berucap: "hasbunallah wa ni'malwakil".
Jika anda yakin akan satu kebenaran, lakukan, jangan takut, pasrahkan segala sesuatu kepada Allah SWT. Disinilah seharusnya tempat tawakkal. Tawakkal menjadi spirit gerak, geliat, perjuangan; bukan menyerah, diam dan tidak berbuat apa-apa.
7 1AL-Qur’an surat as-sajadah : 16 http://www.hidayatullah.or id /indesx.php?option=com content dan view=artckle & id surat al-mmuzamil-wahyu ketiga &catid=107 sejara manhaj snw.h http://www.hinsh dedy.or id blokspot.com /2009/104 makna tawakal /hal
Kata al-Qur'an: "fa idza 'azamta fatwakkal alallah" (Jika engkau betekad melakukan sesuatu --maka teruskanlah, dan-- bertawakkal lah kepada Allah.
Kalau ada orang yang selalu pessimis menghadapi kehidupan biasanya di nasehati” coba anda belajar pada burung mendapatkan jiwa optimis, karena jiwa optimis itu merupakan pembuka jalan unutk berfikir positif(positive thinking) . kalau kita telah mendaptkan cara berfikir positif. Hidup kita akan mendapatkan ketenagan. Dunia ini tidak sempit yang kita duga.
Jagan kita kalah dengan burung yang tidak punya akal. Lihatlah burung, pagi-pagi pergi makanan, kemudian sorenya puklang dentgan kadan kenyang.dengan melantunkan sura yang merdu, dan lompat kedahan ke dahan yang laindengan penu rasa gembira. itu tandanya bahwa burung tidak mengeluh dan tidak pesimis
Dibandingkan dengan manusia,pagi-pagi duduk kebingungan tidak tau apa yang mau dikerja. Tidak bias bergerak sebelum sarapan. Setelah makan sangat banyak maka tinggal ngantuknya. Orang-orang seperti ini harus mengikuti sifat burung.karna kemalasan adalah musuh utama kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita
Dengan demikian korelasi antara beberapa penjelasan diatas menjelaskan bahwa tawakal kita kepada Allah SWT. Setelah kita berusah sekuat kemampuan yang kita miliki. Melakkukan suatu pekrjan akan menghasilkan penghasilan yang kita harapkan . yang di ibatakan pagi-pagi pergi makanan, kemudian sorenya puklang dentgan kadan kenyang.dengan melantunkan sura yang merdu, dan lompat kedahan ke dahan yang laindengan penu rasa gembira. itu tandanya bahwa burung tidak mengeluh dan tidak pesimis.
Saya mengambil kesimpulan dengan penjelasan diatas bahwah : kita hidup di dunia ini, selalu Optimis didalam mengarungi kehidupan kita ini. Sehinga kita akan bahagi,menghadapi persoalan yang ada .
E. Sabar
Didalam ayat Allah menyuruh kita untuk bersabar terhadap ucapan-ucapan yang mengolok,mengertik,mencela, kenapa ? karna Ustad Abduul Said mengatakan bahwah,dari enam hal yang menjadi modal utama eksisnya Sayhadat didalam diri kita dan menajamkan cita-cita kita dan merealisasikan AL-Qur’an didalam kehidupan sehari-hari
Sabar merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Arab, dan sudah menjadi istilah dalam bahasa Indonesia. Asal katanya adalah "Shobaro", yang membentuk infinitif (masdar) menjadi "shabran". Dari segi bahasa, sabar berarti menahan dan mencegah. Menguatkan makna seperti ini adalah firman Allah dalam Al-Qur'an:
an bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas. (QS. Al-Kahfi/ 18 : 28)
8AL-Qur’an surat as-sajadah : 16 http://www.hidayatullah.or id /indesx.php?option=com content dan view=artckle & id surat al-mmuzamil-wahyu ketiga &catid=107 sejara manhaj snw Azzimat al-mmuzamil 10 http://www era muslim com. / tafsir hadits-hadits/2008/ 125
Perintah untuk bersabar pada ayat di atas, adalah untuk menahan diri dari keingingan ‘keluar’ dari komunitas orang-orang yang menyeru Rab nya serta selalu mengharap keridhaan-Nya. Perintah sabar di atas sekaligus juga sebagai pencegahan dari keinginan manusia yang ingin bersama dengan orang-orang yang lalai dari mengingat Allah SWT.
Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)
Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)
F. Hijrah
Bebicara tentang hijrah, Ustadz Abdul Sahidperna mengatakan bahwa: kita sunggu sangat bersukur kepada Allah. Karena suda ada tempat untuk saudra-saudara kita, yang mauberhijrah meniggalkan tempat tingalnya, untuk mencari tempat yang menjamin. Menjaga ke islamnya dan dapat subur imannya. Terutama membangun rumah tangga yang mempunyai resistensi dari serangan kultur non islam yang tenga mengancama Islam dalam berbagai cara.
Hijrah (Arab:هِجْرَة) berarti pindah atau migrasi dalam bahasa Indonesia. Hijrah merupakan suatu cara yang dilakukan oleh para nabi, untuk melepaskan diri dari alam kebatilan (kondisi dimana manusia tidak hidup dengan Kitab Allah). Dalam kitab suci Al-qur’an dikenal istilah: Iman-Hijrah-Jihad, yang berarti bahwa hijrah muncul dan dilakukan karena dorongan Iman atau percaya bahwa kehidupan yang tidak berpedoman kepada Kitab Allah adalah kekafiran, yang akan membawa manusia pada kebinasaan dan kehancuran.(wikipedia)
karena pengetahuan agama ku masih terbatas jadi aku akan memaparkan sendiri arti hijrah tersebuthijrah menurut artinya berarti pindah dari satu tempat ke tempat lain, dan tentu saja berpindah dari tempat buruk ke tempat baik (pengertian arti baik buruk saya serahkan ke masing2 hati) dan pula bukan di artikan setaiap awal tahun pindah rumah., dengan kita menjadi pribadi yang lebih baik itu juga termasuk dari maknah hijrah, sehingga setiap taun kita harus menjadi pribadi yang lebih dan lebih baik, bahkan setiap detiknya…
Orang berhijrah kehidupanya tidak susah. Walaupun tujuan utama adalah behijrah bukan semata-mata duniawi. Tetapi janji Allah kepada Orang-orang berhijrah. Sejah menceritakan kepada kita bahwa: sahabat-sahabat nabi yang berhijrah dari Mekah ke Madinah, mereka berusa menjadi konglomerat dapat menyaingi kehidupan para yahudi seperti Abdurahman bin Auf. Pada awalnya ditawari untuk memilih rumah dan memilih istri yang disukainya dan member modal unutuk mengembangkan usah tetapi beliau menolaknya
Dalam hadist Ar-Bain an-bawuyah yang pertama yang artinaya “barang siapa yang berhijrah karena Allah dan Rasulnya hijrahnya itu diterima oleh Allah
dan apabilah hijrahnya itu hanya mendapatkan wanita atau hata yang ia cari maka itulah yang ia dapat dalam hijrahnya itu.”
Dengan demikian korelasinya antara penpat diatas adalah saling keterkaitan bahwa hijrah menigalkan tempat tinggal yang di cintainya untuk menuju tempat yang baru unutk mendapatkan perubahan untuk menata kehidupanya lebih baik lagi dalam arti hijrah niat bukan untuk duniawu tetapi untuk untuk agama dan keluarga.
Dengan demikain saya mengambil kesimpulan bahwa hijrah akan membawa perubahan yang sanat dasyat didalam kehidupan kita, salah satu contoh sebelum saya kesurabaya belum paham semuanya tentang ilmu pendidikan, tetapi

0 komentar:
Posting Komentar